Selasa, 03 Mei 2016

Siapakah Orang Terakhir Yang Masuk Syurga


Orang terakhir yang masuk syurga – Syurga adalah sebuah tempat terindah yang ingin dituju oleh setiap umat islam dimuka bumi ini. Allah beberapa kali berfirman dalam Al-Quran menyebut Syurga adalah sebaik-baik tempat kembali ,Banyak sungai-sungai mengalir dibawahnya. 

ilustrasi jalan menuju langit


Sering kita mendengar beberapa orang yang yang sudah dijamin oleh Allah akan masuk syurga karena berbagai hal, ada yang karena menolong anjing yang sedah kehausan, ada yang karena mati syahid dan masih banyak lagi. Tentu mereka mereka itu adalah orang-orang yang akan masuk kedalam syurga terlebih dahulu. 

Tapi Pernahkah terlintas dibenak sobat sekalian siapa yang terakhir masuk syurga, kenapa dia terakhir masuk syurga Allah dan apa yang terjadi ketika ia diperintahkan oleh Allah untuk masuk kedalam syurga Allah.
Ternyata hal ini ada loh sobat dijelaskan dalam sebuah hadist Sahih.  Hadistnya berbunyi seperti berikut. 

إِنِّي َلأَ عْلَمُ آخِرَ أَهْلِ النَّارِ خُرُوجًا مِنْهَا وَآخِرَ أَهْلِ الْجَنَّةِ دُخُولاً الْجَنَّةَ رَجُلٌ يَخْرُجُ مِنْ النَّارِ حَبْوًا فَيَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلْ الْجَنَّةَ فَيَأْتِيهَا فَيُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهَا مَلْأَى فَيَرْجِعُ فَيَقُولُ يَا رَبِّ وَجَدْتُهَا مَلْأَى فَيَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلْ الْجَنَّةَ قَالَ فَيَأْتِيهَا فَيُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهَا مَلْأَى فَيَرْجِعُ فَيَقُولُ يَا رَبِّ وَجَدْتُهَا مَلْأَى فَيَقُولُ اللَّهُ لَهُ اذْهَبْ فَادْخُلْ الْجَنَّةَ فَإِنَّ لَكَ مِثْلَ الدُّنْيَا وَعَشَرَةَ أَمْثَالِهَا أَوْ إِنَّ لَكَ عَشَرَةَ أَمْثَالِ الدُّنْيَا قَالَ فَيَقُولُ أَتَسْخَرُبِي أَوْ أَتَضْحَكُ بِي وَأَنْتَ الْمَلِكُ قَالَ لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ضَحِكَ حَتَّى بَدَتْ نَوَاجِذُهُ قَالَ فَكَانَ يُقَالُ ذَاكَ أَدْنَى أَهْلِ الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً
Artinya :

Sungguh ‘Aku tahu seorang penduduk neraka yang paling akhir keluar darinya, seorang penduduk jannah yang paling akhir masuk ke dalam jannah. Dialah seorang lelaki yang keluar dari neraka dengan keadaan merangkak. 

Allah berkata kepadanya, ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam jannah! 

‘Lalu dia mendatangi jannah, namun dikhayalkan kepadanya bahwa jannah telah penuh. Maka, dia kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku mendapati jannah telah penuh. 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berkata kepadanya, ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam jannah!’. 

Sekali lagi dia mendatangi jannah, namun kembali dikhayalkan bahwa jannah telah penuh. Dia pun kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku mendapati jannah telah penuh. 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berkata lagi kepadanya, ‘Pergilah, masuklah ke dalam jannah! Sesungguhnya engkau memiliki semisal dunia dan sepuluh kalinya, atau engkau memiliki sepuluh kali dunia. 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Laki-laki itu berkata, ‘Apakah Engkau memperolok-olok aku, padahal Engkau adalah Raja?

Abdullâh bin Mas’ûd radhiallahu ‘anhu berkata, ‘Aku melihat Rasulullâh shallallahu ‘alaihi wa sallam tertawa sampai nampak gigi gerahamnya.’ Dan dikatakan bahwa orang itu adalah penduduk surga yang paling rendah derajatnya.’ (H.R. Muslim)

Subhanallah sobat rupanya jika diandaikan syurga itu lebih besar 10 kali dari dunia ini. Jika itu adalah kenikmatan bagi seorang penduduk surga dengan derajat paling rendah bagaimana dengan para rosul dan orang-orang sholeh terdahulu, kini dan nanti sobat. Dapat kah sobat membayangkan hal tersebut. Sungguh kuasa Allah maha luas adanya. 

Dikatakan bahwa pengguni jannah yang terakhir ini selama didunia dia selalu mengingkari janji-janjinya terhadap manusia. Sehingga ketika Allah menjanjikan sebuah syurga yang begitu besarnya ia merasa dihina dan diperolek-olek oleh rabb nya.
رَبَّنَا إِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيهِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيعَاد َ
Artinya :

"Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya". Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.(QS. Ali Imran :9)

Jika kita perhatikan penggalan terakhir dari ayat diatas akan kita dapati jawaban dari keragu-raguan orang yang terakhir masuk surga tersebut. Sesungguhnya Allah adalah dzat yang maha menepati janji-Nya. 

وَإِذَا رَأَيْتَ ثَمَّ رَأَيْتَ نَعِيمًا وَمُلْكًا كَبِيرًا
Artinya :

Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar. (QS. Al-Insan :20)

Adapula riwayat lain yang menerangkan tentang penghuni surga yang terakhir ini. Rasulullah shallallohu’alaihi wasallam mengabarkan:

“Orang yang terakhir masuk jannah adalah orang yang setiap kali melangkah ia tersungkur dan dihanguskan oleh api neraka. Dan tatkala orang itu telah melewati neraka, dia menoleh ke arah neraka lalu berkata: 

تَبَارَكَ الَّذِي نَجَّانِي مِنْكِ لَقَدْ أَعْطَانِي اللَّهُ شَيْئًا مَا أَعْطَاهُ أَحَدًا مِنْ الْأَوَّلِينَ وَالْآخِرِينَ

 “Maha Suci Allah yang telah menyelamatkanku darimu, sungguh Dia telah memberiku sesuatu yang tidak pernah Dia berikan kepada orang lain dari umat yang pertama dan umat yang terakhir.”

Semoga cerita ini menjadikan kita mukmin yang selalu meningkatkan amalan ibadah kita dan selalu mengingat Allah dalam keadaan sehat maupun sakit, dalam keadaan lapang maupun sempit. Serta menjadikan kita untuk selalu menepati janji-janji kita kepada manusia. semoga kita menjadi pengguni syurga yang penuh kenikmatan. Aaminn. yarabbal alamin.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar