Selasa, 03 Mei 2016

Sejarah dan Pengenalan Olahraga Karate

Karate ( ) dunia sudah sangat mengenal apa itu karate. Seni beladiri yang berasal dari negara jepang. Beladiri ini sangat dipengaruhi oleh beladiri kempo. Dijepang sendiri karate berkembang didaerah okinawa dikepulauan ryukyu.

Sejarah dan Pengenalan Olahraga Karate


Karate memiliki beberapa aliran, aliran ini berpengaruh pada perbedaan gerakan dan jurus. Menurut JKF (Japan Karatedo Federation) dan WKF (World Karate Federation) karater terbagi menjadi 4 aliran.

  1. Shotokan
  2. Goju-ryu
  3. Shito-ryu
  4. Wado-ryu


Itu adalah keempat aliran karate yang dianggap sebagai gaya karate yang utama karena berpengaruh dan berperan dalam pembentukan JKF dan WKF.

Dinegara jepang sendiri organisasi yang mewadahi olahraga karate seluruh jepang adalah JKF. Sendangkan WKF adalah organisasi yang mewadahi karate untuk dunia.

Keempatnya ini pun sampai ke indonesia, pada aliran shotokan ada beberapa perguruan antara lain :

  • INKADO
  • INKAI
  • BKC (Bandung Karate Club)
  • LEMKARI


Nah sekarang kita bahas tentang teknik karate, pada dasarnya ada 3 dasar-dasar kumite. Kihon (teknik dasar), kata (jurus), kumite (pertarungan)

Kihon

Kihon Secara harfiah berarti dasar atau pondasi.  Sebelum mempelajari kata dan kumite maka seorang karate-ka (sebutan seorang yang belajar beladiri karate) harus memahami gerakan gerakan dasar, sebagai pondasi untuk dapat mempelajari teknik tingkat tinggi.

Teknik dasar itu antara lain, geidan-barai, agi-uke, uci-uke dll.

Kata

Dalam bahasa jepang dapat diartikan sebagai bentuk atau pola. Pada karate teknik kata adalah kumpulan gerakan-gerakan dasar yang membentuk rangkaian jurus, yang memiliki keindahan gerakan, serta fungsi penggunaan dalam pertarungan (Bunkai).

Kata dasar dalam karate antara lain. Heian shodan, heian nidan sampai kepada Gion (jion) yakni katak sepuluh itu adalah katak wajib. Sedangkan masih banyak lagi katak tinggi yang perlu dipelajari apa bila hendak menjadi atlit kata.

Kumite

Kumite dalam bahasa berarti “pertemuan tangan”. Kumite dilakukan memang tidak menggunakan senjata sama sekali, kumite diajarkan biasanya ketika karate-ka sudah menyandang sabuk kuning. Karena pada tahap ini karate-ka sudah memiliki teknik yang cukup baik serta power yang cukup.

Saat ini sangat banyak sekali video yang di upload tentang karate silahkan dicari untuk referensi, coba saja ketikan rafael aghayev. dia adalah salah satu atlit kumite dari azerbaijan yang sudah menjadi sorotan akhir-akhir ini, karena presrasinya yang sangat melonjak dalam pertandingan karate.

Sejarah dan Pengenalan Olahraga Karate


Di indonesia karate sudah menjadi seni beladiri yang banyak dipelajari di seluruh pelosok negeri. Oleh karenanya sudah banyak pula kejuaraan yang diadakan tiap tahunnya untuk menjaring atlit-atlit berkualitas dan berkemampuan untuk dapat diseleksi dan menjadi atlit nasional serta mengharupkan naman bangsa Indonesia dikancah dunia.

Di Indonesia sendiri ada salah satu atlit yang juga sudah bermain dikancah dunia yaitu Umar Syarif. sudah beberapa kali juga mendapatkan medali diajang WKF. semoga kedepannya semakin banyak atlit yang terus bermunculan dan mampu mengangkat harkat martabat bangsa Indonesia. maka dari itu banyak sekarang sekolah yang mengadakan atau membuka Ekstra Kulikuler olahraga karate, selain untuk tujuan diatas juga untuk tujuan mengharumkan nama sekolah tentunya karena ada kejuaraan yang memang diadakan untuk sekolah sekolah yang memiliki ekstra kulikuler karate dapat meraih prestasi dalam sebuah kejuaraan yang diakomodasi oleh kementrian pendidikan yaitu O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional). 

Terlepas dari itu ada banyak lagi kejuaraan yang sering diadakan di Indonesia Secara rutin baik sitap tahun, 2 atau 3 tahun sekali. contohnya Kejuaraan Tingkat Nasional Mendagri Cup, SBY cup, kejurnas perguruan misalnya, PON juga tentunya. Dan masih banyak lagi kejuaraan daerah yang diselenggarakan setiap tahunnya.


Saya rasa pengenalan karate cukup sampai saat ini, untuk lebih lanjutnya silahkan tunggu artikel selanjutnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar