Rabu, 04 Mei 2016

Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual

Jadi apa lulusan Desain Komunikasi Visual – mungkin banyak dari kita yang belum memahami apa itu desain komunikasi visual. Desain Komunikasi Visual itu adalah sebuah bidang Ilmu yang membahas teori dan konsep komunikasi menggunakan media. Yakni menggunakan elemen-elemen visual atau audio visual secara menarik dan kreatif. Diperkotaan sudah banyak sekali bentuk karya dari Desain Komunikasi Visual ini contohnya Banner, baleho, desain produk, spanduk, pamflet, dan masih banyak lagi.  Tujuannya untuk memberikan informasi produk, mempromosikan produk, informasi orang, ucapan selamat atas keberhasilan seseorang. Dan tujuan-tujuan yang lain berdasarkan isi dari desain tersebut.

desain komunikasi visual


Dari situ dapat simpulkan bahwa lulusan desain komunikasi visual ini kedepannya akan memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Sosial media pun saat ini sudah menjadi ladang bisnis yang menarik bagi lulusan desain kumunikasi visual. Beberapa waktu yang lalu di acara taklshow sebuah program tv di televisi swasta nasional mengundang seorang yang kerjanya mendesain sebuah kartun atau bisa disebut kartunis. Ia mempromosikan hasil karyanya di sosial media yaitu instagram. Dari sana banyak tawaran tawaran yang masuk untuk membuatkan sebuah desain produk, dan ketikan ditanya baground pendidikannya ia adalah lulusan dari sebuah jurusan Desain Komunikasi Visual.

menerima pesanan desain banner, undangan, baleho, editing foto klik disini (kontak person)
contoh desain bisa dilihat dibawah.

Contoh kartun yang dibuat adalah seperti gambar ini.

kartunis


Memang gambar yang tidak terlalu rumit untuk dibuat. Tapi membutuhkan ide yang kreatif untuk menghasilkan gambar-gambar seperti itu. Bisa membahas apa saja tapi mayoritas mereka membahas tentang kritikan sosial.

Oke itu intronya sobat..

Kembali ketopik utama, apa sih prospek kerja seorang lulusan Desain Komunikasi Visual. Kalo tadi saya bahas tentang hobi yang berujung rezeki. Sekarang buat kita yang emang ingin cari kerja atau coba buka usaha.

Lapangan kerja untuk bidang desain komunikasi visual antara lain :

Media masa

Di media masa banyak banget tuh lulusan Desain komunikasi visual yang dibutuhkan karena memang banyak sekali elemen-elemen visual serta produk visual yang dibuat disana. Untuk yang sudah jadi lulusan DKV mungkin masih ingat kalo sobat pernah ngambil mata kuliah Audio Video Editing. Nah kalo waktu itu sobat dapet nilai bagus berarti kemampuan sobat melakukan editing video dan audio pasti bagus dong. Mungkin layak untuk menjadi sebuah tim produksi salah satu acara tv mungkin. Coba deh masukin lamaran kesana.

Itu untuk televisi, media masakan gak Cuma televisi nih, ada juga koran. Koran juga termasuk bidang usaha yang membutuhkan desainer grafis yang kreatif dan inovatif loh sobat. Jangan terlalu jauh berfikir bisa menjadi karyawan di Koran SINDO atau Media Indonesia. Liat diwilayah sobat aja dulu pasti ada dong perusahaan koran lokal yang produksi memberikan berita daerah.

Perusahaan Percetakan

Dalam DKV sobat diajarkan tentang desain grafis, baik itu menggunakan Photoshop atau Corel Draw. Memiliki keahlian dalam Kedua program itu sudah cukup mampu untuk sobat mampu bergabung dalam sebuah perusahaan percetakan dan penerbitan, diwilayah sekitar sobat pasti ada perusahaan desain banner yang sudah cukup maju. Itu menjadi salah satu jalan untuk sobat mampu mengembangkan ilmu yang sudah dimiliki atau yang nantinya akan masuk DKV. Jangan lihat dari sudut pandang yang sempit sobat, “ah maleslah masa capek-cepek kuliah Cuma jadi karyawan sebuah perusahaan percetakan”. Ingat sobat tidak ada yang besar jika tidak ada yang kecil. Pemilik Transcorp yang saat ini cabang usahanya sudah kemana-mana sudah masuk dibidang-bidang yang berbeda-beda saja dulunya adalah wartawan. Jadi jangan pernah patah semangat.


Vendor Video Game Dan Animasi

Dunia sekarang sudah jauh berubah dari yang dulu anak-anak mainnya congklak, main petak umpet, sekarang anak-anak mainnya video game, nah sekarang banyak tuh pengembang video game yang ada di indonesia. Lalu ada juga pengembang video animasi baik yang berkarya lewat youtube, maupun melalui televisi seperti film animasi Adit dan Sopo Jarwo. Di jurusan DKV sobat akan diajakan tentang Animasi 3D, dan Game Development. Mendukung sobat untuk masuk dalam bidang usaha itu, atau bisa menciptakan karya sendiri dan dipublish disitus berbagi aplikasi atau video.


Wirausahawan mandiri

Lulusan DKV seperti yang saya bahas diatas sudah memiliki kemampuan yang memadahi untuk dapat terjun langsung kedunia usaha, kenapa? Karena ilmu yang meraka dapat adalah ilmu terapan yang bisa di terapkan langsung. Coba modal usaha dan niat, serta sedikit modal seperti seperangkat komputer dan koneksi internet anda nantinya bisa membuka sebuah layanan jasa desain banner, baliho, undangan, editing foto dll.

Seperti beberapa desain ini. Ini asli oh karya penulis. Hehehe




Bisa menghubungi Kontak Person ini :
Hp : 085768997735
email : aidilsukri1@gmail.com
atau silahkan tinggalkan komentar dibawah. 

semoga bermanfaat.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar