Rabu, 12 September 2012

Tanda Pengenal Dalam Pramuka


Tanda-tanda pengenal dalam Gerakan Pramuka -  tanda tandan pengenal dalam gerakan pramuka selalu digunakan oleh anggota pramuka baik putra maupun putri. Biasanya tanda-tanda ini gunakan pada pakaian dan atribut lain untuk, tujuannya agar dapat dengan mudah mengenali seseorang sebagai anggota gerakan pramuka atau gerakan pramuka sedunia tentunya
Untuk peraturan tentang tanda pengenal ini sudah difikirkan oleh pendiri pramuka pada masa perintisan gerakan pramuka dalam sebuah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yaitu Keputusan Kwartir Nasional Nomor 055 Tahun 1982 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Pengenal Gerakan Pramuka dan Keputusan Kwartir Nasional Nomor 059 Tahun 1982 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Umum Gerakan Pramuka.
Macam-macam Tanda Pengenal
Tanda Umum

Dipakai secara umum oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang sudah dilantik, baik putra maupun putri.

Macamnya:
 Tanda tutup kepala
tanda tutup kepala

Setiap anggota pramuka dalam mengenakan seragam pramuka selalu disertai dengan atribut yaitu tutup kepala baik itu  baret, peci ataupun tutup kepala yang lain. Nah untuk itu ada beberapa tanda untuk diletakkan di tutup kepala. Tanda pengenal ini digunakan untuk mengenali apakah anggota gerakan pramuka tersebut berada digolongan apa, apakah siaga, penggalang, penegak, pandega atau seorang pembina satuan pramuka.
setangan / pita leher

setangan leher

setangan leher atau pita leher adalah sebuah kain yang berbentuk segitiga yang pada 2 bagian pinggirnya miliki warna merah dan yang lain warna putih, penggunaanya kain ini akan di gulung dan membentuk pola belang merah putih. Kemudian dikaitkan atau diletakkan di leher dan dikunci dengan sebuah cincin. Pada awalnya setangan leher bagi anggota pramuka puteri tidak sama dengan anggota putera tapi setelah tahun 2015 peraturan diubah sehingga setangn leher ini digunakan oleh semua anggota pramuka baik putera ataupun puteri.
 tanda pelantikan
tanda pelantikan

tanda pelantikan adalah tanda yang diberikan kepada seorang pramuka biasanya diletakkan di bagian saku bagian kanan untuk putera dan diletakkan di kerah baju bagian kanan untuk  puteri.  
tanda harian
tanda harian adalah gambar logo gerakan pramuka yaitu tunas kelapa, biasanya tanda ini digunakan atau ada pada baju selain pakaian dinas harian, bisa pada pakaian dinas lapangan, topi, atau yang lainnya. Tujuannya untuk menandakan penggunanya adalah seoran anggota pramuka.
tanda WOSM.
tanda wosm

Tanda ini digunakan setiap pramuka di negara mana pun. Untuk di indonesia tanda ini dikenakan dikerah bagian kiri pada pakaian dinas  harian puteri dan diletakkan di atas saku kiri untuk putera.  WOSM adalah singkatan dari  (World Organisation Of  Scouting  Movement)
Tanda Satuan

Menunjukkan Satuan / Kwartir tertentu, tempat seorang anggota Gerakan Pramuka bergabung.

Macamnya: - Tanda barung / regu / sangga, - gugus depan, - kwartir, - Mabi, - krida, - saka, - Lencana daerah, - satuan dan lain-lain.
Tanda Jabatan

Menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorang anggota Gerakan Pramuka dalam lingkungan organisasi Gerakan Pramuka.
Macamnya: - Tanda pemimpin / wakil pemimpin barung / regu / sangga, - sulung, pratama, pradana, - pemimpin / wakil krida / saka, - Dewan Kerja, Pembina, Pembantu Pembina, Pelatih, Andalan, Pembimbing, Pamong Saka, Dewan Saka dan lain-lain.

Tanda Kecakapan
Menunjukkan kecakapan, ketrampilan, ketangkasan, kemampuan, sikap, tingkat usaha seorang Pramuka dalam bidang tertentu, sesuai golongan usianya.

Macamnya: - Tanda kecakapan umum / khusus, - pramuka garuda dan tanda keahlian lain bagi orang dewasa.

Tanda Penghargaan
Menunjukkan jasa atau penghargaan yang diberikan kepada seseorang atas jasa, darma baktinya dan lain-lain yang cukup bermutu dan bermanfaat bagi Gerakan Pramuka, kepramukaan, masyarakat, bangsa, negara dan umat manusia.

Macamnya: - Peserta didik: Tiska, tigor, bintang tahunan, bintang wiratama, bintang teladan. - Orang dewasa: Pancawarsa, Darma Bakti, Wiratama, Melati, Tunas Kencana.


Itulah tadi materi terkait tentang tanda pengenal gerakan pramuka, baik tanda umum, tanda satuan, tanda  jabatan, semuanya itu memiliki tujuan untuk memberikan informasi yang harus diketahui untuk setiap anggota pramuka untuk menentukan sikap dan sopan santun yang diambil kepada seorang anggota pramuka lainnya.

Salam pramuka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar