Rabu, 12 September 2012

Arti Dhasa Dharma dan Tri Satya



Mengerti dan bersungguh-sungguh mengamalkan Dasa Darma dan Tri Satya dalam kehidupannya sehari-hari.
Tri Satya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh
menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan negara kesatuan repubulik Indonesia dan mengamalkan Pancasiala
menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat
menepati dhasa dharma.



Dasa Dharma Pramuka


Pramuka Itu
1 taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa


sebagai Pramuka kita harus beriman kepada Tuhan yang maha Esa, serta menyembahnya
selain itu kita juga harus menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan_Nya

2 Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia


Sebagai pramuka kita harus bisa memelihara lingkungan sekitar, serta bisa membantu orang lain. tidak berbuat jahat kepada orang lain yang dapat merugikan semua pihak.


3 patriot yang sopan dan kesatriya


Sebagai Pramuka kita harus bersikap sopan dalam tingkah laku, santun dalam bertutur kata. selain itu kita juga harus bersikap tanpa pamrih, dan tidak sombong akan kemampuannya.


4 patuh dan suka bermusyawarah


sebagai pramuka selayaknya kita bersikap patuh terhadap orang tua guru serta orang yang lebih tua dari kita. menjalankan semua perintah dengan bertanggung jawab.
selain itu dalam memutuskan suatu kebijakan diawali dengan bermusyawarah untuk mendapatkan keputusan yang mufakat.


5 rela menolong dan tabah


Sebagai pramuka kita harus bisa saling tolong menolong dalam kebaikan. dan bisa tabah serta tabah dalam menghadapi masalah yang kita hadapi.


6 rajin trampil dan gembira


Sebagai pramuka kita harus bersikap rajin dalam segala hal. trampil dalam mengerjakan sesuatu yang kita lakukan. selalu bersiakp gembira dalam kondisi apapun.


7 hemat cermat dan bersahaja


Tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang kurang penting, selalu menyisihkan uang untuk ditabung. mencermati semua situasi yang ada untuk menetukan jalan keluar yang haus diambil. selain itu kita juga harus bersikap bersahaja.


8 disiplin berani dan setia


Tepat waktu, tidak mninggalkan kewajiban, berani mengambil keputusan serta berani mengambil resiko dengan apa yang telah dia pilih. kemudian setia terhadap orang yang telah membesarkan namannya.


9 bertanggung jawab dan dapat dipercaya


Seorang pramuka harus bertanggung jawab denagn apa yang telah tugas yang telah diamanatkan denagn melakukan dengan sungguh-sungguh tanggung jawab itu.


10 suci dalam pikiran,perkataan dan perbuatan


artinya seorang pramuka harus berfikir positif tidak memikirkan hal-hal yang tidak baik. tidak memiliki manfaat dan faedah. hal itu harus dijauhi dari pikiran, perkataan dan perbuatan seorang anggorta gerakan pramuka.


Tri Satya dan dhasa dharma adalah kode etik seorang anggota pramuka, jadi seorang pramuka harus mematuhi kode oetik tersebut tidak boleh melanggarnya. 

dapat kita simpulkan gerakan pramuka adalah organisasi yang memiliki dasar yang kuat untuk membangun anggotanya untuk menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia. 
tentunya dengan mengamalkan hal-hal berikut :

kewajiban terhadap diri sendiri

tanggung jawab seorang anggota pramuka terhadap dirinya sendiri untuk terus belajar, meningkatkan wawasan dan pengetahuannya baik dalam ilmu kepramukaan dan ilmu-ilmu yang lain. 

kewajiban kepada orang lain

tanggung jawab ini sudah harus diemban oleh setiap anggota pramuka, yaitu tanggungjawab kepada lingkungan, masyarakat dalam cakupan yang lebih luas, contohnya ketika dalam lingkungannya ada gotong royong seorang anggota pramuka harusnya dengan kesadarannya sudah harus ikut dan berkecimpung dalam gotong royong tersebut, Dalam keluarga, kelas,  pun sama halnya. 

kewajiban terhadap tuhan

sudah barang tentunya seorang manusia melakukan kewajibannya dalam kehidupan sehari-hari untuk terus berlaku dan melakukan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

semoga teman-teman semua terus mengamalkan trisatya dan dhasa dharma ya teman teman, karena hal ini penting untuk membangun jiwa teman-teman semua. 

salam pramuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar